Obat untuk Atasi Gejala Pilek

By | December 27, 2019

Memasuki musim penghujan, tubuh rentan terhadap penyakit pilek. Tidak hanya menyerang anak-anak, penyakit ini juga bisa menyerang orang dewasa meskipun sistem kekebalannya lebih baik. Pilek yang disertai dengan hidung meler, terlebih kadang juga diikuti dengan hidung tersumbat, pasti sangat mengganggu Anda. Biasanya obat yang digunakan untuk meredakan gejala tersebut adalah antialergi dan dekongestan.

Kunci dari menghilangkan pilek adalah istirahat dan minum obat. Namun, jika Anda merasa tidak perlu menggunakan obat berbahan kimia untuk menghilangkan gejala pilek, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah Anda dapatkan. Berikut ini adalah obat hidung mampet dan hidung meler alami yang bisa meringankan gejala-gejala pilek Anda.

Mengurangi gejala hidung mampet dan meler

  1. Menghirup uap panas

Cara yang paling baik untuk mengurangi peradangan adalah dengan melegakan saluran pernapasan. Uap panas merupakan pilihan tepat untuk melegakan hidung tersumbat. Anda bisa melakukan sauna wajah dengan cara menempatkan wajah Anda di atas baskom berisi air panas. Gunakan handuk di wajah Anda untuk memerangkap uap, kemudian hirup uap tersebut.

  1. Minum minuman hangat

Minuman hangat terbukti mampu membantu meringankan gejala pilek begitu juga dengan hidung berair, batuk, bersin, tenggorokan gatal, dan juga kelelahan. Untuk memperoleh hasil yang lebih baik, Anda juga bisa mencampur air hangat dengan bahan-bahan herbal seperti daun mint, madu, parutan jahe, atau lemon.

  1. Makan makanan yang menggunakan rempah dan berkuah

Makanan dan minuman berempah dipercaya dapat membantu produksi air liur dan sekresi mukus di jalan napas yang bisa meredakan batuk dan radang tenggorokan. Selain itu, uap makanan yang berbau lezat akan melegakan hidung yang tersumbat, melembabkan, dan memberikan efek yang menenangkan.

  1. Jaga suhu tubuh tetap hangat

Cara mencegah pilek menjadi lebih parah adalah dengan menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Ketika lubang hidung dingin, yang juga akan berpengaruh terhadap suhu tubuh Anda, maka sistem imun tubuh juga mengalami penurunan kinerja. Maka saat Anda pilek, hindari ruangan dengan air conditioner atau keluar rumah saat udara sedang tidak bersahabat.